Archive Pages Design$type=blogging

Pengalaman KKN (Kuliah Kerja Nyata) di kelas karyawan?

Assalamualaikum manteman.. kali ini aku mau share pengalaman, sesuai judul lah ya, gimana sih pengalaman KKN (kulia kerja nyata) kalau ki...


Assalamualaikum manteman.. kali ini aku mau share pengalaman, sesuai judul lah ya, gimana sih pengalaman KKN (kulia kerja nyata) kalau kita posisi nya kelas karyawan?

Sebelumnya karena pernah ada yang tanya  ke aku lewat koment di postingan sebelum nya, dan waktu itu posisi ku belum menginjak KKN, jadi jawabannya belum bisa mendetail seperti itu.
koment nya kayak gini...



Tapi sekarang sudah terlewati masa-masa KKN nya, jadi bisa aku share pengalaman nya dan apa aja sih yang harus dipersiapkan?

okeh.

check, this out!!


1. Tentang Kelompok, Tempat dan Lamanya KKN
Pertama, kita bakalan di atur kelompok dan tempat oleh pihak universitas, rata-rata 30orang perkelompok dan biasanya lebih banyak kelas reguler nya, kalo perbandingan sih 70% reguler dan 30% kelas karyawan.
Untuk tempat mutlak ditentukan oleh pihak Universitas, di suatu desa yang sudah lumayan berkembang.
Lamanya KKN bisa jadi tergantung kebijakan Universitas, kalo aku sih target nya 40 hari, tapi alhamdulillah dalam 30 bulan sudah bisa selesai, ini tergantung pintar-pintar nya tim kelompok dalam menjalankan program yang direncanakan.
Setelah itu akan ada penjadwalan untuk di adakannya rapat perkelompok, untuk menentukan ketua kelompok, sekretaris, bendahara, logistik, konsumsi, dll nya.
Ohya, H-7 KKN ketua dan beberapa anggota mencari rumah untuk kita tinggal disana, survey dan melakukan beberapa kesepakatan untuk biaya tempat tinggal, makan sehari-hari, dll.


2. Observasi Desa
Observasi desa dilakukan di hari kedua, hari sebelumnya pas aku dan kelompok sudah sampai desa, kita bebenah rumah tempat tinggal dan melakukan rapat untuk nanti nya ditentukan piket harian, dan menentukan kegiatan hari esok, dan pembagian kelompok untuk observasi desa ke setiap RW. Kita bisa melakukan penelitian lapangan/ lingkungan dan bisa juga melakukan wawancara kepada ketua RW, kepala desa atau pun penduduk setempat, hal-hal yang kita gali pun ada beberapa poin yang  sangat penting, kita meneliti dari berbagai bidang, seperti dari segi ekonomi yang nanti nya kita tahu sumber penghasilan warga desa tersebut itu dari apa dan rata-rata berapa, serta apakah kebanyakan dari mereka adalah pekerja atau pengusaha kecil-kecilan, dan apa yang menjadi ciri khas dari desa tersebut yang nantinya bisa kita buat untuk menjadi peluang usaha. Pendidikan, disini kita mengandalkan mahasiswa yang jurusannya Keguruan, mereka mengajar di beberapa SD, SMP, dan SMA juga, menggunakan metode mengajar yang inovatif serta kreatif. Kesehatan, bisa dilakukan oleh siapa saja sebenarnya, biasanya kita mengisi/ berpartisipasi di posyandu, lebih ke sosial nya. dan masih banyak lagi program-program  yang dapat kita rancang sesuai hasil observasi di desa tersebut.


3. Rapat Rutin
Rapat rutin ini disesuaikan kesepakatan bersama, karena kebetulan ini pengalamanku, kami mengadakan rapat setiap hari setelah kegiatan program selesai, dijadwalkan sore menjelang makan malam. Membicarakan keluh kesah, kritik dan saran, serta solusi dari suatu permasalahan yang ada.


4. Lokakarya
Lokakarya adalah acaara yang diadakan oleh kami semua kelompok KKN, juga sebagai penyambutan kami di desa tersebut, dan kami di acara itu menyampaikan program-program yang kami rancang dan yang akan dilaksanakan di desa tersebut, lokakarya ini di adakan di awal masa KKN dan di akhir masa KKN. Bedanya, di akhir masa KKN kami menyampaikan program-program apa saja yang telah berhasil kami selesaikan/ realisasikan maupun yang tidak, kebetulan waktu itu, kelompokku berhasil menyelesaikan semua program dengan baik dan mendapat pujian dari Kepala Desa. Dan acara lokakarya akhir pun sekaligus acara berpamitan (agak sedih pas disitu hehe)


Nahh, kurang lebih untuk hal-hal yang paling penting sih segitu. Itu semua hal umum yang harus dilakukan kelas reguler dan kelas karyawan. Untuk kelas karyawan mungkin pada teknis nya akan ada beberapa yang berbeda,
Pertama, dari segi biaya, kelas karyawan diharuskan untuk mengeluarkan sejumlah uang yang lebih besar dibandingkan kelas reguler, karena kelas karyawan kan tidak setiap hari berada di tempat KKN, sedangkan kelas reguler yang lebih banyak melakukan aktifitas untuk program-program, menginap dan benar-benar full bekerja. Uang lebih itu biasanya dianggarkan untuk kegiatan selama KKN dan biaya hidup yang tidak terduga.
Kedua, jadwal yang ditentukan untuk kelas karyawan adalah mereka tentu saja tidak diwajibkan setiap hari datang ke lokasi, karena mereka kan harus bekerja, tapi setiap weekend (sabtu-minggu)  mengikuti kegiatan yang ada, entah itu piket atau ikut rapat rutin, yang penting setidak nya agar mahsiswa kelas karyawan tahu perkembangan program KKN itu seperti apa. Kalau menginap atau tidaknya di tempat KKN itu sih terserah kelas karyawan nya, yang jelas ada ketentuan jadwal yang wajib nya yaitu Sabtu-Minggu harus ada dilokasi meskipun absen doang.
Ketiga, kesadaran akan membawa makanan lebih untuk kelas karyawan, nah ini kadang menjadi hal sepele, tapi alangkah baiknya kelas karyawan ikhlas berbaik hati membawakan kelas reguler makanan cemilan untuk di tempat KKN, supaya nambah semangat dan makin akrab satu sama lain, soalnya kan kelas karyawan jarang ada ditempat, jadi biar lebih gampang berbaur nya (kalo yang ini hanya tips lohhh, bener-bener kesadaran saja kok hehehe)


nahhh, paling segitu aja sih yang bisa aku share, kalau ada yang terlewat nanti bakal aku update.

untuk pesan dan kesan, bener-bener KKN tuh seru banget, kita bisa kenal sama orang baru karena tiap kelompok beda-beda jurusan tiap Universitas, punya temen dan sahabat baru, lebih meningkatkan society kita, bisa men-improve diri kita, yang awalnya malu bicara depan orang banyak tapi kita dituntut untuk bisa bicara didepan orang banyak dan malahan baru kenal, selain itu meskipun KKN melakukan berbagai program tapi kami tidak menganggap itu sebagai beban karena emang jatohnya jadi kayak main ajaa, bangun lebih pagi langsung beraktivitas, dan banyak hal baru yang kita dapat dari KKN, kita juga dapet objek foto-foto yang keren karena desa pemandangan nya masih bagus dan asri, penghijauan yang bikin kita makin hari makin sehat, makanan yang memang langsung dipetik dari perkebunan, jelas masih sangat segar, belum lagi ada beberapa temen yang cinta lokasi heheh banyak banget, dan alhamdulillah nya kelompok ku waktu itu sangat akrab satu sama lain, dengan kelas karyawan pun begitu, asik asik orang nya.

Ini benar-benar pengalaman yang tidak bisa dilupakan, gak bisa move on!!




Terimakasi temen-temen yang udah baca, coba share pengalaman kalian juga dikolom komentar dibawah yaa, soalnya kau pengen tau banget! Kalau mau ada yang ditanyain juga boleh banget kok, see you!!

COMMENTS

POST A COMMENT
Name

Buku Diary Diary Kita Edukasi Jalan-jalan K-POP Kecantikan Korean Drama Kuliner Tutorial dan Tips
false
ltr
item
Sleepy Girl -: Pengalaman KKN (Kuliah Kerja Nyata) di kelas karyawan?
Pengalaman KKN (Kuliah Kerja Nyata) di kelas karyawan?
https://3.bp.blogspot.com/-bWPBbMAmPOA/WagK1a4iISI/AAAAAAAAA1Q/4Z0antdkKmQeve3_CKg21xYW06qr7C6mgCLcBGAs/s640/kknec.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-bWPBbMAmPOA/WagK1a4iISI/AAAAAAAAA1Q/4Z0antdkKmQeve3_CKg21xYW06qr7C6mgCLcBGAs/s72-c/kknec.jpg
Sleepy Girl -
http://dinynurani.blogspot.com/2017/08/pengalaman-kkn-kuliah-kerja-nyata-di.html
http://dinynurani.blogspot.com/
http://dinynurani.blogspot.com/
http://dinynurani.blogspot.com/2017/08/pengalaman-kkn-kuliah-kerja-nyata-di.html
true
8387347919623699067
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago